Make Your Weekend More Artsy

Friday, March 11, 2016

Setelah sekian lama berencana pergi ke museum lagi, sampai diundur-undur karena kesibukan saya dan teman-teman, dan hal lainnya, akhirnya hari ini bisa pergi juga. Yang rencananya pergi rame-rame malah jadi berdua aja sama salah satu teman saya, Shabrina. Kita udah penasaran banget sama Art:1 New Museum & Art Space dari beberapa minggu lalu.







Fyi, Art:1 New Museum & Art Space itu museum yang didirikan pada tahun 2011 di Jl. Rajawali Selatan No. 3, Jakarta Pusat. Awalnya, museum ini adalah sebuah galeri seni yang bernama Mon Decor yang udah ada sejak 1983, didirikan oleh Martha Gunawan dan berlokasi di beberapa tempat seperti Plaza Senayan, Wisma Mulia dan Grand Indonesia Shopping Town. Tapi karena butuh ruang yang lebih besar, akhirnya dibentuklah Art:1 New Museum & Art Space.







Bangunannya sendiri berbeda jauh dengan bangunan museum pada umumnya, yang biasanya bergaya vintage. Seperti namanya ‘New Museum’, bangunannya pun lebih ke arah modern minimalis dengan didominasi cat putih yang membuat tiap ruangan disini jadi homey banget ditambah banyaknya cahaya matahari yang masuk bakal bikin pengunjung disini betah berlama-lama untuk sekedar duduk-duduk santai setelah lelah keliling museum. Ditambah pegawai-pegawai yang bekerja disini sangat baik & ramah, murah senyum pula. karena ini pertama kalinya saya berkunjung, bapak penjaga di lobby nya peka banget kalo saya & Shabrina bakalan bingung sendiri buat meng-explore gedung yang artistik ini. jadi si bapak tersebut langsung memandu kami deh tanpa diminta. sampai naik elevator pun ditemenin hihihi.




Art:1 New Museum & Art Space buka dari jam 10 pagi sampai 6 sore dan terdiri dari 3 lantai. New Museum & Art Space dipisahkan oleh semacam koridor yang terdapat di lantai 1 & 3. Di New museum sendiri terdapat koleksi para seniman yang sudah diperhitungkan namanya, sementara Art Space adalah tempat para seniman untuk memamerkan karyanya.




Untuk harga tiket masuknya, menurut saya ini paling mahal dari berbagai museum di Jakarta yang pernah saya kunjungi. Untuk pelajar dikenakan biaya Rp50.000/orang untuk bisa mengunjungi 2 galeri, yaitu New Museum & Art Space. Jadi cukup membayar Rp25.000/orang untuk pelajar yang hanya ingin mengunjungi 1 galeri. Tapi menurut saya harga tersebut sebanding dengan yang ditawarkan. So, how about make this place as your next stop on weekend?

HAPPY WEEKEND EVERYONE! :)


XX

You Might Also Like

2 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe