Gudang Sarinah Masih Hidup

Monday, December 28, 2015

Beberapa hari lalu saat saya mampir ke websitenya Manual Jakarta, engga sengaja ngeliat artikel tentang pameran seni yang diselenggarakan di Gudang sarinah. Namanya Jakarta Biennale 2015. Ini merupakan acara 2 tahunan yang diselenggarakan oleh Yayasan Jakarta Biennale. Tahun ini Jakarta Biennale mengusung tema “Maju Kena, Mundur Kena : Bertindak Sekarang”. Setelah baca artikelnya sampai habis, ini berhasil bikin saya kepikiran tentang Jakarta Biennale ini. Dari foto-foto yang ada, seni yang dipamerkan di acara ini sedikit berbeda dengan pameran seni yang lain yang pernah saya kunjungi. Bener-bener unik dan saya makin penasaran dong, apalagi acara ini diadakan di gudang! Iya gudang, tempat penyimpanan barang bekas yang udah ga dipakai.


Akhirnya setelah lama mengkhayal foto-foto disana-sini, kesampean juga dateng ke Jakarta Biennale 2015. Pertama dateng si ko sepi ya? Saya takut tutup aja karena ini hari minggu, fyi Jakarta Biennale tutup setiap tanggal merah dan hari libur nasional. Dan Alhamdulillah hari minggu buka haha. Di luar gedung pamerannya, ada banyak banget lukisan-lukisan ataupun grafity di dinding-dinding yang artistic  banget! Gemeesss! Yang suka fotografi terus upload di instagram wajib banget nih kesini.




Sebelum masuk ke gedung pamerannya, kita registrasi dulu, gratis ko tenang aja. Dan saat masuk ke dalam, saya bener-bener speechless karena seni yang dipamerkan di sini itu unik banget, bukan sekedar lukisan aja, disini juga ada video dokumentasi, animasi, fotografi dan masih banyak lagi karya-karya para seniman yang tak terduga. Yang kalian ga pernah kepikiran kalau barang apa aja bisa dibuat menjadi artistic banget disini, contohnya sampah yang ada di kali. Disini sampah2 itu dikumpulkan jadi satu sampai berbentuk seperti kapal yang karam, dan di cover dengan jaring-jaring. Ga ketinggalan juga video dokumentasinya tentang sampah yang melimpah ruah di kali-kali di Ibukota Indonesia ini.  Saat saya kesini juga ada banyak anak jalanan yang ikut tur (yang diselenggarakan oleh Jakarta Biennale)di event ini. 


 
  








How to get there by Transjakarta:
Naik busway koridor 9 (Cililitan-Pinang Ranti) atau 9A (Cililitan-Grogol), lalu turun di halte pancoran tugu. Kemudian jalan kaki di sisi selatan ke arah KFC Tebet atau Gedung Gelael (Sebagai panduan, patung Tugu Pancoran menunjuk ke arah utara). Gudang Sarinah berada di dalam jalan Pancoran Timur II (Sebrang KFC Tebet atau Gedung Gelael).

Yuk ajak teman & keluarga kalian belajar mengapresiasi seni dengan mengunjungi Jakarta Biennale 2015! Event ini masih berlangsung sampai 17 Januari 2015.



XX






You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe